Kamis, 08 September 2011
9/08/2011 10:56:00 AM

ASPEK-ASPEK GEOGRAFI

Secara garis besar, dalam menelaah dan mengkaji geografi dapatdiklasifikasikan menjadi geografi fisik, geografi manusia, dan geografi regional.
Ø  Geografi Fisik
Geografi fisik adalah cabang dariilmu geografi yang mempelajari geja-la fisik dari permukaan bumi yangmeliputi tanah, air, dan udara dengansegala prosesnya. Selain itu, geografifisik juga mengkaji gejala-gejala ala-miah permukaan bumi yang menjadilingkungan hidup manusia. Geografifisik dapat dijadikan pelengkap dalammempelajari geografi manusia, sehing-ga keduanya tidak dapat dipisahkan.Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi fisik terdiri atas geomor-fologi, hidrologi, klimatologi, pedologi, dan lain-lain.
Ø  Geografi Manusia
Geografi manusia adalah cabang dari ilmu geografi yang mempelajari semuaaspek gejala di permukaan bumi yang mengambil manusia sebagai objek utamanya. Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi manusia dapatdibagi menjadi geografi ekonomi, geografi penduduk, geografi perkotaan, dangeografi pedesaan.
Ø  Geografi Regional
Geografi regional merupakan perpaduan dari geografi fisik dan geografimanusia. Geografi regional merupakan studi tentang variasi persebaran gejaladalam ruang pada waktu tertentu baik lokal, nasional, maupun kontinental.Melalui analisis geografi regional, karakteristik yang khas dari suatu wilayahdapat ditonjolkan, sehingga perbedaan wilayah dapat terlihat jelas. Dalam studigeografi regional, semua gejala geografi ditinjau dan dideskripsikan secaraberkaitan dalam hubungan integrasi dan interrelasi keruangan.

Kembali Ke Atas




0 Coment:

Posting Komentar